cover
Contact Name
Andhika Ligar Hardika
Contact Email
jurnal.inovasi@widyatama.ac.id
Phone
+6287822560939
Journal Mail Official
jurnal.inovasi@widyatama.ac.id
Editorial Address
Jurnal Inovasi Masyarakat LP2M Universitas Widyatama Jalan Cikutra No. 204A, Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Inovasi Masyarakat
Published by Universitas Widyatama
ISSN : 27971171     EISSN : 27760235     DOI : https://doi.org/10.33197/jim
Jurnal pengabdian kepada masyarakat ini menyediakan forum bagi akademisi, praktisi dan perwakilan komunitas untuk memajukan teori dan praktik yang terkait upaya inovatif; masalah kritis di Masyarakat; tren wilayah; peluang yang muncul di masyarakat; dampak studi di bidang pelayanan publik; penelitian partisipatif berbasis komunitas; penelitian tindakan dan pembelajaran layanan masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Inovasi Masyarakat" : 5 Documents clear
Kemiskinan, Kesenjangan Sosial dan Pembangunan Desa Dian Herdiana
Jurnal Inovasi Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Inovasi Masyarakat
Publisher : LP2M Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33197/jim.vol2.iss3.2022.985

Abstract

Kemiskinan dan kesenjangan sosial menjadi masalah dalam pembangunan desa, berbagai kebijakan telah dibuat dalam upaya penanggulangan kemiskinan, namun persoalan ini masih menjadi tantangan pembangunan yang perlu terus diupayakan solusinya. Didasarkan kepada uraian tersebut maka artikel ini mengkaji mengenai kemiskinan dan kesenjangan sosial yang dilihat dari faktor-faktor penyebab dan instrumen kebijakan penanggulangannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor kemiskinan dan kesenjangan sosial masyarakat desa terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal masyarakat desa seperti rendahnya tingkat pendidikan dan faktor eksternal seperti eksklusivitas struktur sosial dan akses terhadap sumber perekonomian. Instrumen kebijakan pembangunan desa yang perlu dibuat sebagai upaya penanggulangannya yaitu instrumen kebijakan yang komprehensif mulai dari upaya pemberdayaan masyarakat, penciptaan ekonomi produktif, serta penanaman nilai inklusivitas dalam pembangunan desa
Kajian Multiplicative Decomposition Seasonal/ Menentukan Indeks Musiman Untuk Laporan Penerimaan Barang Bahan Kemas di PT Rohto Laboratories Indonesia Irpan Maulana; Dimas Aldi Ramadani; Reynaldi Nugraha; Asep Anwar
Jurnal Inovasi Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Inovasi Masyarakat
Publisher : LP2M Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33197/jim.vol2.iss3.2022.1091

Abstract

PT Rohto Laboratories Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi kosmetik mempunyai gudang bahan kemas yang berlokasi di Jalan Raya Batujajar KM 1,5 RT 5/ RW 5 Desa Laksana Mekar Kec. Padalarang, Bandung Barat. Aktivitas pekerjaan di Gudang PT Rohto Laboratories Indonesia ini memiliki sistem penerimaan barang bahan kemas. Saat ini, metode yang digunakan masih konvensional dan mengarah ke beberapa masalah optimasi seperti stok mati, kurangnya stok, keterlambatan pengiriman, dll. Penelitian ini mengusulkan Dekomposisi Multiplikasi (Musiman) untuk memperkirakan inventaris produk LE (Penerimaan Barang) di PT Rohto Laboratories Indonesia. Hasil simulasi menunjukkan bahwa metode yang diimplementasikan berhasil memberikan peramalan yang memadai yang ditunjukkan oleh 6.11 % dari MAPE (Mean Absolute Perscentage Error), 21,96 dari MAD (Mean Absolute Deviation) dan 843,63 MSE (Mean Square Error). Metode Multiplicative Decomposition (Seasonal) secara efektif meningkatkan sistem penerimaan di PT Rohto Laboratories Indonesia dan mengurangi potensi stok mati secara efektif.
Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Kinerja Karyawan Akper Saifuddin Zuhri Indramayu Tahun 2022 Ani Kuspini
Jurnal Inovasi Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Inovasi Masyarakat
Publisher : LP2M Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33197/jim.vol2.iss3.2022.1092

Abstract

Institusi yang mampu bersaing dalam pasar adalah institusi yang mampu menyediakan gaya kepemimpinan yang berkualitas dan efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Organisasi akan stabil dan kondusif bila adanya kerjasama dan hubungan yang baik antara pemimpin dengan bawahannya dan peningkatan kinerja yang baik serta membawa kemajuan bagi organisasi untuk dapat bertahan dalam suatu persaingan lingkungan bisnis yang tidak stabil. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan merupakan tantangan bagi pemimpin dalam memilih gaya kepemimpinan yang diterapkan pada organisasi. Sebagai objek penelitian adalah Akademi Keperawatan Saifuddin Zuhri Indramayu dengan metode total sampling , tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan . Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan survei. Data yang digunakan adalah informasi primer dan sekunder, soal kuesioner disediakan pilihan jawaban dengan aturan berdasarkan skala Likert 5 poin . Tahapan pengujian data yaitu validasi data dan uji reliabilitas serta uji hipotesis. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas Gaya Kepemimpinan dan Motivasi, variabel dependen adalah Kinerja. Analisis data menggunakan metode partial least squares (PLS) dalam model persamaan struktural (SEM). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa uji validitas dan uji reliabilitas semua kuesioner memenuhi persyaratan. Dari uji parsial variabel gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan sementara motivasi kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan berdasarkan persamaan regresi menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh lebih besar terhadap kinerja karyawan . Secara simultan uji kedua variabel berpengaruh postif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan uji koefisien determinasi kedua variabel gaya kepemimpinan dan motivasi, dapat menjelaskan variabel kinerja karyawan.
Insentif Pajak Sebagai Strategi UMKM Binaan Dalam Menghadapi Dampak Covid-19 Di Kota Bandung Wawan Hermawan; Muhammad Firman; Joko Joko
Jurnal Inovasi Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Inovasi Masyarakat
Publisher : LP2M Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33197/jim.vol2.iss3.2022.1093

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai kebijakan pemerintah mengenai pemberian insentif pajak; pemahaman atas masa pembayaran, penyetoran dan pelaporan pajak; dan perhitungan atas pph (pajak penghasilan). kegiatan pengabdian ini dilaksanakan kepada masyarakat melalui metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Target materi pada kegiatan penyuluhan PKM tercapai dengan cukup baik, dapat dilihat dari hasil pemahaman dari materi kegiatan. Untuk menerapkan hasil dari kegiatan masih diperlukan UMKM binaan di sektor kuliner dan fashion dapat melaksanakan pengadministrasian keuangan yang baik, merencanakan strategi keuangan yang baik dan perencanaan perpajakan tepat guna dan tertib administrasi.
Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Binaan Kadin Sukabumi Heri Ginanjar; Berliana Berliana; R. Edy Rachmadio
Jurnal Inovasi Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Inovasi Masyarakat
Publisher : LP2M Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33197/jim.v2i3.1094

Abstract

Pemberdayaan UMKM merupakan usaha yang tampil sebagai salah satu kelompok usaha yang dapat dijadikan penentu atau andalan dalam mengelola tata kota usaha daerah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan kepada UMKM binaan Kota Sukabumi melalui metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Target materi pada kegiatan penyuluhan PKM tercapai dengan cukup baik, dapat dilihat dari hasil pemahaman dari materi kegiatan. Untuk menerapkan hasil dari kegiatan masih diperlukan UMKM binaan dapat melaksanakan dan mengimplementasikan digital marketing pada setiap usahanya dengan memaksimalkan fasilitas yang ada

Page 1 of 1 | Total Record : 5